Agar suatu organisasi dapat berjalan dengan baik perlu diperhatikan beberapa prinsip organisasi,
meliputi antara lain :
a. perumusan tujuan secara jelas, sebab tujuan bagi organisasi berfungsi untuk:
- pedoman kearah mana organisasi akan dibawa.
- landasan bagi organisasi tersebut
- menentukan macam aktivitas yang akan dilakukan
- menentukan program, prosedur dan kiss me ( koordinasi,integrasi,simplifikasi,sinkronasi dan mekanisme)
b. pembagian tugas dan pekerjaan, yang dapat dibedakan menjadi :
- pembagian atas dasar wilayah atau teritorial
- pembagian atas dasar sasaran / obyek kegiatan
- pembagian atas dasar fungsi
- pembagian atas dasar waktu
c. delegasi kekuasaan, agar dapat efektif maka perlu diperhatikan hal sebagai berikut:
- harus diikuti adanya pertanggungjawaban
- diberikan kepada orang yang tepat
- dibarengi pemberian motivasi
d. Rentangan kekuasaan,menurut seorang pakar dikatakan bahwa batas jumlah maksimum yang dapat
dikendalikan secara efektif seorang pimpinan adalah berkisar antara lima sampai delapan orang bawahan.
Faktor lain yang berpengaruh adalah :
- kejelasan tugas,wewenang dan tanggung jawab tiap orang, kompleksitas jalinan hubungan kerja,
- kemampuan dari tiap orang, corak pekerjaan, stabilitas organisasi dan tenaga kerja, serta jarak dan waktu.
e. Tingkatan pengawasan, diusahakan agar tercipta "flat top organization" yaitu yang berbentuk pipih dan
tidak menjulang tinggi.
f. Kesatuan perintah dan tanggung jawab, dengan prinsip "an employee should receive orders from one
superior only"
g. Koordinasi, dengan menciptakan efek sinergis dari segala komponen untuk mencapai tujuan organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar